SEJARAH

Berdasarkan Akta Notaris Ny R. Puji Wahyuni Thaib Aritonang, Sarjana Hukum No. 76, tanggal 24 Juni 1994, notaris di Medan, dibentuklah Yayasan dengan nama Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia “Tata Dharma Sejahtera” yang berkedudukan di Medan, Istana Plaza Building, Jalan Brigjend Katamso No. 88.
Setelah berjalan 2 tahun, maka nama Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia “Tata Dharma Sejahtera” diganti namanya menjadi Yayasan Pendidikan Atmatera berdasarkan Akta Notaris Ny R. Puji Wahyuni Thaib Aritonang, Sarjana Hukum No. 6 tanggal 3 Juli 1996, notaris di Medan yang dalam kegiatannya menjalankan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atmatera dengan lokasi kampus di Medan, Istana Plaza Building, Jalan Brigjend Katamso No. 88.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 83/D/O/1997 tanggal 21 Nopember 1997 tentang pemberian status terdaftar kepada 3 (tiga) program studi untuk jenjang program S-1 dan D-III di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atmatera di Medan dengan nama program studi yang terdaftar yaitu 1).

Program Studi Manajemen untuk jenjang pendidikan program S-1; 2). Program Studi Manajemen Pemasara untuk jenjang pendidikan program D-III; 3). Program Studi Manajemen Pemasaran untuk jenjang pendidikan program D-III.

Pada tahun 2003 nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atmatera diganti menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia di Medan Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 159/D/O/2003 tanggal 25 September 2003 tentang Perubahan Nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atmatera menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia di Medan.

Selanjutnya sesuai dengan keputusan rapat Anggota Pembina dari Yayasan Pendidikan Atmatera yang disahkan dihadapan Notaris Henry Tjong, Sarjana Hukum No. 216 tanggal 13 September 2006 bersama sama sepakat mengganti nama Yayasan Pendidikan Atmatera menjadi Yayasan Pendidikan Ibsu Indonesia, yang berkedudukan dan berkantor pusat Jalan Perbaungan Nomor 2 J-K di Medan dan dibuatkan dalam Akte Pendirian Yayasan Pendidikan Ibsu Indonesia Nomor 7 tanggal 02 Nopember 2010 dihadapan Notaris Henry Tjong, Sarjana Hukum.

Hingga saat ini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia menjalankan 2 program studi yang terakreditasi yaitu ; 1). Program Studi Manajemen untuk jenjang pendidikan program S-1 (Akreditasi BAN-PT No. 447/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014, tanggal 15 Nopember 2014; 2). Program Studi Akuntansi untuk jenjang pendidikan program D-III (Akreditasi BAN-PT No. 447/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014, tanggal 15 Desember 2014). yang dalam kegiatannya menjalankan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia dengan lokasi kampus di Medan, Jalan Ringroad Psr. II No. 98 Kec. Medan Selayang – Medan.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia mempunyai Lambang Bola Dunia dan Padi, yang artinya; Arti Warna Bola dunia berwarna biru melambangkan kesatuan; Biru menggambarkan penuh kedamaian; Padi berwarna kuning keemasan melambangkan masa depan alumni yang cemerlang; Kesimpulan: Manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ulet dan rendah hatu, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bertanggung jawab, bekerja keras, dan sehat jasmani dan rohani.